MENGENAL FLOWCHART SEBAGAI DASAR MEMBUAT SUATU PROGRAM - Tutorial Seputar Teknologi

MENGENAL FLOWCHART SEBAGAI DASAR MEMBUAT SUATU PROGRAM


Halo!

Kalian ingin belajar dan mengenal mengenai pemrograman komputer? Umumnya langkah awal yang diambil ialah dengan belajar flowchart. Mengapa? Karena dengan belajar flowchart, kita akan lebih mengenal dan memahami mengenai konsep algoritma suatu pemrograman. Sehingga, kalian akan sedikit terbantu nantinya dalam membuat suatu program dengan bahasa tertentu, contohnya bahasa C. Dengan  flowchart, kalian akan belajar memahami bagaimana suatu program bekerja dengan runtut sesuai perintah. Kalian akan mengenal apa itu input, output, assignment, dsb. Oke langsung saja kita cuz ke pembahasan mengenai flowchart.

Apa itu Flowchart?

Sebelum masuk ke pembahasan yang lebih lanjut, kita harus mengenal dulu apa itu yang dimaksud flowchart. Flowchart atau yang disebut juga bagan alir adalah skema atau bagan (bentuk chart) yang menunjukkan aliran (flow) di dalam suatu program secara logika. Flowchart ini merupakan sebuah diagram yang merepresentasikan sebuah algoritma atau sekumpulan instruksi atau langkah-langkah di dalam pencarian solusi suatu permasalahan. Flowchart merepresentasikan proses tersebut dengan sederetan kotak yang mempunyai berbagai macam simbol atau bentuk. Setiap simbol akan menggambarkan suatu proses tertentu. Sedangkan antara proses digambarkan dengan suatu garis penghubung. Suatu proses dalam flowchart ini selalu mengalir dari atas hingga ke bawah. Dengan menggunakan flowchart, maka akan memudahkan kita untuk melakukan pengecekan bagian-bagian yang terlupakan dalam analisis suatu kasus atau masalah. Di samping itu flowchart juga berguna sebagai fasilitas untuk berkomunikasi antara pemrogram yang bekerja dalam tim suatu proyek. Intinya, Flowchart ini biasa digunakan untuk mempermudah menganalisa suatu kasus dan mempermudah membuat suatu program. Dalam membuat flowchart, gw pakai bantuan software yang namanya Raptor. Silakan kalian bebas, bisa ngikuti gw, atau yang lainnya (yang jelas di blog ini, pembahasan seputar soal  flowchart akan gw gunain Raptor)

Kalian yang belom ada Raptor, ga usah pusing, gw udah nyapin juga file download dan sedikit penjelasan mengenai software Raptor ini + panduan download dan penggunaannya.
Baca di sini seputar raptor :

Mengenal Flowchart

Dalam penyusunan suatu diagram alur atau flowchart, sebenarnya tidak ada kaidah-kaidah bakunya, akan tetapi mnurut gw ada beberapa anjuran, yakni:
  1. Buatlah sebisa mungkin agar jalan dari suatu flowchart singkat. Maka dari itu, hindarilah  pengulangan proses yang tidak perlu dan logika yang berbelit
  2. Jalannya proses digambarkan dari atas ke bawah dan diberikan tanda panah untuk memperjelas.
  3. Sebuah flowchart selalu diawali dari satu titik START dan diakhiri dengan END.
Berikut merupakan beberapa contoh simbol flowchart yang disepakati oleh dunia 
pemrograman:

1. Terminator (Simbol Start / End)
Simbol ini menandakan proses dimulai atau berhenti

2. Garis Alir atau Arrow (Simbol Arah Panah)
Simbol ini menandakan arah dari suatu proses sedang berlangsung

3. Simbol Input/Output
Simbol ini menandakan suatu proses input/output dari suatu data. Input berarti memasukkan suatu data dan Output berarti menampilkan suatu data atau menampilkan hasil

4. Simbol Proses
Simbol ini menandakan suatu proses sedang berjalan. Dapat berupa proses matematika (seperti +,-,/,*,%,dsb). % disebut juga mod, yakni sisa dari suatu pembagian

5. Decision / Selection (Simbol Pemilihan atau percabangan)
Simbol ini menandakan pemilihan atau penyeleksian kondisi di dalam suatu program

6. Preparation (Simbol Pemberian nilai awal suatu variabel)
Simbol ini digunakan untuk memberi nilai awal atau nilai akhir atau penambahan/pengurangan bagi suatu variabel

7. Call / Predefined Process (Simbol untuk memanggil Prosedure atau fungsi)
Simbol ini digunakan untuk menunjukkan suatu operasi yang rinciannya ditunjukkan di tempat lain (prosedur, fungsi,dsb)

8. Connector (Simbol untuk halaman yang sama)
Simbol ini digunakan untuk menunjukkan sambungan dari flowchart yang terputus di halaman yang sama atau halaman berikutnya.

Perulangan dalam Flowchart

Pengertian perulangan dalam Flowchart tidak jauh berbeda dengan perulangan pada bahasa-bahasa pemrograman. Dalam dunia pemrograman, istilah dari perulangan atau biasa disebut juga dengan looping merujuk pada suatu proses yang dilakukan berkali-kali hingga suatu kondisi yang telah ditentukan tercapai. Aksi atau proses dalam perulangan dapat dijalankan sebelum pengecekan kondisi ataupun setelah pengecekan kondisi. Apabila kondisi perulangan terpenuhi, maka aksi akan dijalankan. Sebaliknya apabila kondisi perulangan tidak terpenuhi maka perulangan akan dihentikan.

Berikut ini gambaran contoh dari program flowchart:

Bagan alir logika program

Bagan alir program terinci


Oke sampai sini pembahasan mengenai pengenalan akan Flowchart sebagai dasar dalam membuat suatu program komputer. Gw akan bahas cara membuat flowchart dengan software Raptor dilain post. Semoga bermanfaat, sekian Terima kasih..

Comments

Silakan Beri Komentar
EmoticonEmoticon