MEMBUAT FLOWCHART DENGAN RAPTOR? BEGINI CARANYA - Tutorial Seputar Teknologi

MEMBUAT FLOWCHART DENGAN RAPTOR? BEGINI CARANYA


Halo!

Kalian sudah memahami mengenai artikel gw sebelum ini tentang Flowchart? kalian juga sudah membaca dan memahami artikel gw sebelumnya tentang software raptor? Kalau belum silakan dibaca dulu, supaya kalian gak pusing atau bingung pada artikel kali ini. Di artikel ini, gw ga bakal bahas lagi satu per satu kegunaan tools yang ada pada raptor. Jadi, kalo kalian bner-bner masih pemula dan belum tau menau tentang software ini, silakan kalian bisa baca dulu artikel sebelumnya.

Baca di sini :
Kalau kalian belum tau apa itu flowchart bisa juga baca dulu artikel sebelum ini ya..
Baca :

Oke, kalau kalian sudah membaca dan memahami kedua artikel di atas, mari simak artikel kali ini. Gw bakal membahas mengenai cara pembuatan flowchart dengan software raptor. Langsung saja cuzz kan..

Langsung saja, kalian buka software raptor kalian. Berikut merupakan tampilan awal dari raptor:
tampilan raptor

Selanjutnya, kalian bisa mulai menggunakan alat atau tools yang ada pada raptor. Untuk menggunakannya, kalian tinggal klik simbol algoritma yang akan digunakan (simbol-simbol algoritma berada pada bagian kiri itu ya) lalu kalian bisa drag and drop saja simbol algoritma yang sudah kalian pilih ke bagian yang akan diberikan simbol algoritma tersebut.
Untuk mengisi statement pada simbol algoritma tersebut, kalian bisa klik 2x pada simbol algoritma tersebut (pengeklikan dilakukan stlah simbol di drag and drop kan ya). Setelah diklik 2 kali, maka akan muncul tampilan statement dari simbol yang dipilih. Berikut cara pengisian statement yang ada pada setiap simbol algoritma.

1. Statement Input
Setelah kalian klik 2 kali, maka akan muncul tab baru sbb :
Pada kolom "Enter prompt Here", kalian isikan suatu kalimat yang tujuannya ialah agar user bisa mengerti kegunaan dari input tersebut. Pada kolom ini, penulisan kalimat WAJIB menggunakan tanda petik dua (" ") ya. 
Kemudian pada kolom "Enter Variable Here", isikan suatu nama atau huruf yang akan kalian jadikan sebagai variabel penampung dari inputan user.
Contoh :
Kalian bisa lihat pada contoh gw itu, gw kasi kalimat yang nantinya akan dibaca oleh user (supaya mengerti kegunaan dari input itu), yakni "Masukkan panjang : " (ingat! harus pakai tanda kutip dua). Setelah itu, pada variabel penampungnya (ini tidak akan bisa dilihat user), gw kasi "P". Dari isian gw itu, maka bisa disimpulkan bahwa ktika program tersebut dijalankan, maka akan muncul kalimat "Masukkan panjang : ", kemudian user akan memasukkan atau menginputkan angka, misalnya angka yang diinputkan user ialah 10. Maka, secara otomatis variabel "P" akan berisikan nilai 10.
Tampilan input saat program dijalankan,
dimana program meminta inputan yang akan disimpan pada variabel penampung P

Setelah selesai mengisikan itu, kalian bisa klik "done", lalu pada tampilan flowchat akan tampil sbb:
Tidak perlu bingung dengan yang ditampilkan pada flowchart. Asalkan kalian benar mengisi statement, maka bisa lanjut ke tahap selanjutnya.


2. Statement Proses atau Assignment
Setelah kalian klik 2 kali, maka akan muncul tab baru sbb :
Pada kolom Set, kalian isikan nama apapun (terserah). Nama itu akan menjadi nama variabel penampung atau variabel penyimpan. Kemudian pada kolom to, kalian isikan sebuah perintah atau proses yang nantinya akan disimpan pada variabel yang telah kalian buat sebelumnya (di kolom set).
Contoh :
Pada contoh itu, gw pakai nama variabel penampung atau variabel penyimpannya ialah "Luas". Kemudian, untuk perintah atau prosesnya gw pakai nama variabel penampung dari inputan user sebelumnya, yakni "P*L" (dimana P*L adalah rumus luas persegi panjang). Dari isian gw itu, maka bisa disimpulkan bahwa ketika program dijalankan dan masuk ke bagian assignment ini, maka inputan user sebelumnya (misal inputan user untuk panjang (P) ialah 10 dan inputan user untuk luas (L) ialah 10) akan diproses kemudian variabel penampung "Luas" akan berisikan nilai dari perintah tersebut (yakni 100 (10*10)).
Setelah selesai mengisikan itu, kalian bisa klik "done", lalu pada tampilan flowchat akan tampil sbb:


3. Statement Output
Setelah kalian klik 2 kali, maka akan muncul tab baru sbb :
Pada kolom "Enter Output Here", kalian bisa isikan kata atau kalimat yang akan dikeluarkan program (bisa dilihat user). Untuk kata atau kalimat yang akan dikeluarkan atau bisa dilihat user, maka sama dengan input, penulisan kalimat WAJIB menggunakan tanda petik dua (" "). Apabila dalam output akan menampilkan isi atau nilai dari suatu variabel penampung atau variabel penyimpan sebelumnya, maka gunakan tanda plus (+) sebelum (maupun sesudah (bila ada kata-kata lagi yang ingin ditampilkan pada user)) penulisan nama variabel penampungnya itu. 
Contoh 1 :
Pada contoh itu, gw akan menampilkan kalimat ke user "Luas persegi panjang adalah :", kemudian dlanjutkan dengan isi atau nilai dari variabel "Luas". Dari isian gw itu, maka bisa disimpulkan bahwa ketika program dijalankan dan masuk ke bagian output ini, maka akan muncul kalimat "Luas persegi panjang adalah : 100", di mana 100 didapat dari P*L (10*10).
Tampilan dari output untuk contoh 1

Setelah selesai mengisikan itu, kalian bisa klik "done", lalu pada tampilan flowchat akan tampil sbb:
Contoh 2 :
Pada contoh 2 ini, kalian bisa lihat, bahwa ini adalah maksud dari apa yg gw tulis di atas (bila ada kata-kata lagi yang ingin ditampilkan pada user). Jadi, bila setelah isi atau nilai dari variabel dimunculkan masih ingin ada kata atau kalimat lagi yang ditampilkan ke user, gunakan rumus ini. Dari isian gw ini, maka bisa disimpulkan lagi bahwa ketika program dijalankan dan masuk ke bagian output ini, maka akan muncul kalimat "Luas persegi panjang adalah : 100 dengan panjang 10", di mana 100 didapat dari P*L (10*10) dan 10 didapat dari variabel P (10).
Tampilan dari output untuk contoh 2

Di mana pada tampilan flowchat akan tampil sbb:


4. Statement Selection atau Pemilihan
Setelah kalian klik 2 kali, maka akan muncul tab baru sbb :
Pada kolom "Enter selection condition", kalian isikan suatu kondisi, di mana kondisi tersebut yang akan dicek.
Contoh :
Pada contoh itu, gw isikan kondisi "P>L". Kondisi itu akan dicek oleh sistem, apakah P lebih besar dari L?. Apabila benar maka akan menuju ke jalur "Yes", sebaliknya apabila salah, maka akan menuju ke jalur "No". Berikut ini tampilan pada flowchart nya.


5. Statement Loop atau Perulangan
Dimana simbol perulangan dasar dalam flowchart (tanpa ada aksi/proses yang diulang) ialah sbb :
Bila kalian lihat, dalam loop dasar itu, hanya terdiri dari simbol selection. Maka dari itu, kita mesti memberikan aksi padanya. Secara jelasnya, adapun struktur dari perulangan ialah :
Perulangan atau loop terdiri dari bagian kondisi dan aksi. Bagian kondisi akan melakukan pengecekan apakah suatu aksi dijalankan atau tidak.
Pada gambar perulangan tersebut, Aksi dilakukan setelah pengecekan kondisi.
Sedangkan pada gambar itu, Aksi dilakukan sebelum pengecekan kondisi. Hal ini (pasti) akan menyebabkan Aksi dijalankan minimal 1 kali.

CATATAN:
Pastikan kodisi loop pada program Raptor kalian ialah seperti gambar gw itu (perhatikan posisi yes dan no nya). Jika tidak silahkan mengeditnya (untuk cara edit, bisa dilihat di artikel sebelumnya tentang SOFTWARE RAPTOR (Pengenalan dan Download Raptor). Sebenarnya gak usah sama gak apa-apa, tujuan gw sebenarnya supaya kalian gak bigung aja untuk pembahasan soal yang bakal gw beri di artikel selanjutnya mengenai flowchart ini.

Baik.. Demikian pembahasan gw mengenai cara untuk membuat flowchart dengan software raptor. Bila kalian bingung, gw bakalan bikinin juga versi videonya. Jadi tungguin aja. Silakan komentar bila ada yang ingin ditanyakan. Semoga bermanfaat. Terima kasih..

Comments

Silakan Beri Komentar
EmoticonEmoticon